The Ultimate Guide to Motion Sensors

The Ultimate Guide to Motion Sensors

Sensor gerak adalah komponen terpenting dari sistem keamanan rumah. Itu dapat mendeteksi jika seseorang di rumah Anda yang seharusnya tidak ada – penyusup. Ini sangat membantu untuk memastikan rumah Anda aman dan terlindungi.

sensor gerak

Sensor gerak menggunakan berbagai teknologi untuk mendeteksi gerakan di area tertentu. Saat sensor mendeteksi gerakan di area tersebut, sensor tersebut dapat mengirimkan sinyal ke panel kontrol sistem keamanan rumah Anda, yang seharusnya terhubung ke panel pemantauan Anda. Dengan melakukan ini, sensor gerak memberi tahu Anda tentang potensi ancaman di rumah Anda.

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Cara Kerja Sensor Gerak

Pada dasarnya, detektor gerak atau sensor gerak ada untuk merasakan gerakan di area tertentu dan mengirimkan peringatan ke panel kontrol Anda. Setelah peringatan dikirim ke panel kontrol Anda, Anda dapat menentukan apakah itu penyusup atau hanya anak kecil yang menyelinap melewati jam malam atau hewan peliharaan menjatuhkan vas dari meja.

Anda dapat mengaktifkan sensor gerak untuk berjaga-jaga terhadap pergerakan pada waktu-waktu tertentu, seperti malam hari atau saat Anda berada di luar rumah. Sensor gerak tertentu bahkan dapat mengambil rekaman video dari area tersebut melalui kamera keamanan ketika merasakan gerakan sehingga Anda dapat meninjau rekamannya nanti.

Sensor gerak bertindak sebagai penjaga berdiri sentinel, siap beraksi. Mereka dapat diprogram untuk bereaksi terhadap berbagai isyarat, seperti gerakan di ruangan tertentu, pembukaan atau penutupan pintu depan, atau jendela pecah. Semua ini dapat memicu detektor gerakan.

Apa Berbagai Jenis Sensor Gerak?

Sebenarnya ada beberapa jenis sensor gerak. Setiap jenis memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Anda dapat memilih jenis pendeteksi gerakan yang berbeda tergantung pada kebutuhan keamanan rumah khusus Anda.

Sensor Inframerah Pasif (PIR).

Sensor inframerah pasif, juga disebut sensor PIR, berfungsi dengan mengumpulkan cahaya inframerah — cahaya dari spektrum elektromagnetik yang tidak terlihat oleh mata manusia. Sensor PIR berisi dua sensor yang mendeteksi energi inframerah.

Satu sensor mengambil snapshot dari area yang dipantau dalam kondisi normal. Sensor lain mendeteksi perubahan mendadak di area tersebut. Dengan demikian, perbedaan dalam pembacaan masing-masing sensor akan memicu sinyal.

Sensor inframerah pasif adalah pilihan yang bagus untuk pemilik hewan peliharaan. Anda dapat memprogram sensor PIR Anda untuk mengabaikan jenis gerakan tertentu melalui proses yang dikenal sebagai segmentasi.

Segmentasi dapat membantu sensor PIR membedakan antara gerakan yang tidak penting, seperti anjing Anda berjalan melalui ruang tamu Anda dan gerakan yang Anda ingin memicu alarm, seperti penyusup berjalan melalui ruang tamu Anda.

Sensor gelombang mikro

Sistem pendeteksi gerakan populer lainnya adalah sensor gelombang mikro. Jenis sistem pendeteksi gerakan ini mengirimkan pulsa gelombang mikro dan mengukur bagaimana pulsa ini memantulkan kembali objek di area tertentu.

Teknologi sensor gelombang mikro melacak waktu yang dibutuhkan pulsa gelombang mikro ini untuk memantul kembali ke sensor. Jika ada perubahan waktu pengembalian pulsa, itu berarti ada gerakan di dalam ruangan dan akan memicu detektor gerakan.

Sensor Teknologi Ganda

Sensor teknologi ganda persis seperti yang tertulis di label: mereka adalah detektor gerakan yang menggunakan deteksi gerakan inframerah pasif dan teknologi gelombang mikro untuk mensurvei area tertentu.

Alasan seseorang mungkin tertarik dengan sensor teknologi ganda itu sederhana. Karena setiap sistem memverifikasi yang lain, itu dapat mencegah alarm palsu. Pergerakan harus diverifikasi melalui kedua sensor sebelum alarm dipicu.

Jenis Sensor Gerak Lainnya

Ada beberapa jenis sensor gerak lain yang tersedia di pasaran saat ini, tetapi perangkat ini cenderung kurang populer dibandingkan sensor PIR, sensor gelombang mikro, dan sensor teknologi ganda.

Sensor Reflektif Area:
Detektor gerak ini merupakan kombinasi menarik dari PIR dan teknologi penginderaan gerak gelombang mikro. Mereka menggunakan cahaya inframerah, tetapi alih-alih mengumpulkannya secara pasif, sensor reflektif area ini mengirimkan pulsa inframerah dan mengukur kecepatan pantulan cahaya kembali ke sensor. Sensor Ultrasonik
Mirip dengan fungsi detektor gerakan gelombang mikro, sensor ultrasonik memantulkan gelombang suara ultrasonik dari objek di suatu area untuk mengukur waktu respons. Gelombang suara ini tidak dapat ditangkap oleh telinga manusia. Sensor Getaran
Detektor gerak getaran beroperasi pada teknologi sederhana jika dibandingkan dengan kebanyakan detektor gerak. Mereka hanya mendeteksi getaran kecil yang dibuat orang saat mereka berjalan melalui ruang tertentu. Namun, sensor ini terkadang tidak dapat diandalkan atau memicu alarm palsu.

Mengapa Saya Membutuhkan Detektor Gerak?

Lebih baik menginstal sistem keamanan rumah yang kuat dan tidak pernah menggunakannya daripada berharap Anda telah menginstalnya. Jika Anda tertarik dengan sistem keamanan rumah, detektor gerakan adalah garis pertahanan pertama.

Setelah sensor gerak diatur, itu dapat memberi tahu Anda jika ada seseorang di rumah Anda yang seharusnya tidak ada. Semakin cepat Anda mengetahui apa yang terjadi, semakin cepat Anda dapat menghubungi layanan darurat dan melindungi diri Anda dan orang yang Anda cintai.

Selain itu, Anda dapat memprogram detektor gerakan untuk secara otomatis membantu elemen lain dari sistem keamanan rumah Anda. Misalnya, Anda dapat menyiapkan kamera untuk mengambil foto atau merekam video apa pun yang memicu detektor gerakan Anda. Pilihan lainnya adalah memasang lampu sorot atau alarm di dekat pintu depan Anda untuk menakut-nakuti calon pencuri.

Penggunaan Lain untuk Detektor Gerak

Bahkan tanpa skenario terburuk yang membutuhkan sensor gerak untuk melindungi rumah Anda dari penyusup, perangkat ini tetap berguna. Detektor gerakan juga dapat membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Sambungkan detektor gerakan Anda ke lampu Anda, sehingga otomatis menyala saat Anda memasuki ruangan, dan mati saat tidak ada gerakan yang terdeteksi di ruangan tersebut. Anda dapat menghemat energi dan pada saat yang sama, tidak perlu lagi mencari-cari saklar lampu dalam kegelapan! Anda dapat memantau anak-anak dan hewan peliharaan melalui detektor gerakan. Tangkap anak remaja Anda menyelinap melewati jam malam tanpa mengenakan sandal Anda. Hubungkan detektor gerakan ke pintu doggy otomatis dan Anda tidak perlu bangun dari tempat tidur untuk membiarkan Fido keluar di tengah malam lagi! Anda juga dapat membantu lingkungan dengan mengoptimalkan teknologi rumah pintar menggunakan sensor gerak. Dengan memprogram termostat untuk mengoptimalkan konsumsi energi hanya saat gerakan terdeteksi, Anda dapat membantu Bumi.

Di Mana Saya Dapat Menemukan Sensor Gerak Berkualitas Tinggi?

Better1 menawarkan berbagai pilihan detektor gerakan berkualitas tinggi untuk semua kebutuhan keamanan rumah Anda. Kami mendukung Anda dalam hal keamanan.

Salah satu opsi bagus untuk sensor gerak PIR adalah Alarm Dering nirkabel, yang kompatibel dengan produk yang mendukung Amazon Alexa dan mudah dipantau dari perangkat seluler apa pun. Lainnya adalah Blink Two Way Camera dan Motion Detector yang menyertakan opsi untuk melihat dan berbicara dengan orang lain yang telah memicu sensor.

Better1 juga membawa berbagai opsi keamanan rumah, termasuk perangkat yang kompatibel dengan rumah pintar. Ini termasuk lampu sorot dan kamera keamanan. Tidak peduli gaya hidup atau situasi hidup Anda, kehati-hatian selalu merupakan taruhan yang aman. Produk keamanan darurat memberikan manfaat bagi semua orang dengan membuat Anda tetap aman, terlindungi, dan tenang.

Author: Richard Nelson